Indonesia Keok di Kandang Tiongkok

Foto: Dokumentasi PSSI

JAKARTA, RAMBUKOTA – Harapan tim nasional Indonesia untuk meraih nilai sempurna sirna di laga keempat kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan keok 2-1 ketika berhadapan dengan Tiongkok  di Stadion Qingdao Youth Football pada Selasa (15/10/2024) malam.

Kendati kalah, posisi timnas Indonesia tidak berubah. Anak-anak asuhan pelatih Shin Tae-yong tetap berada di posisi kelima karena masih unggul selisih gol dari Tiongkok yang sama-sama memiliki poin 3.

Bacaan Lainnya

Sementara, posisi puncak tetap dipegang Jepang yang kali ini bermain imbang 1-1 kontra Australia. Dengan demikinan, tim negeri Sakura mengantongi nilai sebanyak 10 poin hasil tiga kali menang dan sekali seri.

Kuasai pertandingan

Timnas Indonesia sejatinya menguasai jalannya pertandangan, dengan penguasaan bola senanyak 76%. Tapi, sayang keberuntungan masih menaungi tim tuan rumah lantaran sejumlah peluang gagal dimanfaatkan oleh Ragnar Oratmangoen dan kawan-kawan.

Di babak pertama, Indonesia kebobolan dua gol yang masing-masing dicetak oleh Abduwelli Behram dan Zhang Yuning. Tim Garuda baru mampu memperkecil ketinggalan dengan gol yang dilesakkan oleh Thom Haye pada menit 86.

Kendati Indonesia menelan kekalahan dari Tiongkok, peluang Indonesia untuk bermain di Piala Dunia 2026 masih cukup terbuka. Masih ada enam pertandingan tersisa yang mesti dijalani oleh tim asuhan Shin Tae-yong.

@theafchub Thom Haye Rises for Garuda 🦅 🇮🇩 #AsianQualifiers ♬ som original - DM Songs

Dalam konferensi persnya, Shin Tae-yong berharap timnya tak larut dalam kekalahan malam itu. Ia bertekad membawa Garuda bangkit di pertandingan-pertandingan selanjutnya yang akan digelar pada November 2024 mendatang.

''Tapi ini bukan akhir dari segalanya. Timnas Indonesia bakal mempersiapkan diri lebih baik untuk pertandingan berikutnya dengan kondisi yang jauh lebih baik,” ucap pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Indonesia bisa langsung memperoleh tiket babak utama Piala Dunia 2026 jika berhasil di posisi puncak ataupun jadi tim urutan nomor dua. Jika menempati posisi ketiga atau keempat, timnas juga berkesempatan ikut babak keempat kualifilasi Zona Asia.

Adapun jadwal pertandingan terdekat timnas Indonesia ialah menjamu Jepang dan Arab Saudi pada November depan.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *