Deklarasi Pilpres 2024 Mulai Bermunculan, Alasan Emak-Emak Kenapa Dukung Cak Imin

JAKARTA, RAMBU KOTA – Tampaknya suasana politik menjelang Pemilu Presiden 2024 mulai menghangat. Antusias masyarakat mendukung calon tertentu terus bermunculan, salah satunya kepada Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar yang digelar oleh Aliansi Emak-Emak Pedagang Kaki Lima.

Para kaum ibu yang berprofesi sebagai pedagang usaha mikro ini bersemangat kita menggelar deklarasi dukungan Muhaimin Iskandar maju di Pilpres 2024. Pada Senin (21/2/2022) kemarin, puluhan emak-emaknya mengekspresikan keinginannya sambil membawa produk dagangannya di gerobak.

Bacaan Lainnya

“Kami akan kenalkan calon kita Muhaimin Iskandar ke kampung-kampung , komplek-komplek dan tempat kita jualan,” kata Siti Rahma, Ketua Aliansi Emak-Emak Pedagang Kaki Lima dalam keterangan persnya.

Menurutnya, dukungan terhadap Muhaimin sudah melalui diskusi panjang dengan teman-teman se-profesinya. “Kami kan diskusi dulu, liat apa yang sudah diperjuangkan Muhaimin, bukan asal dukung saja,” ujarnya.

Sosok yang dikenal dengan sapaan Cak Imin atau Gus Muhaimin ini dinilai tepat komunitasnya lantaran pembelaannya terhadap pelaku usaha dan UMKM. Lontaran kritik Muhaimin ke pemerintah cukup masuk akal dan konkrit untuk membantu pelaku usaha seperti Rahma dan kawan-kawanya.

Alasan lain, wajah Muhaimin yang kerap dihiasi senyuman dan tawa juga tampaknya sudah melekat dihati kaum emak-emak, khususnya di Jakarta. “Kalau ada di TV kami senang lihat dengan senyum dan ketawanya. Walaupun kadang kami nggak mengerti apa yang diperjuangkan,” canda Rahma.

Soal penampilan seorang pemimpin rasanya memang cukup penting bagi kaum emak-emak. Selain kapasitas dan prestasi figur yang didukungnya.

Sebagaimana diketahui, Muhaimin Iskandar merupakan ponakan dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Dalam perhelatan Pilpres 2024 mendatang, namanya termasuk dalam bursa sebagai calon presiden yang akan menggantikan posisi Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin.

Karir politik Muhaimin memang diawali dari intensitasnya mengikuti jejak Gus Dur di PKB. Pengalamannya berpolitik menjadikan Muhaimin pemimpin partai politik yang bisa melahirkan kader-kader muda di kancah politik nasional.

“Ya kami kan lihat juga penampilan, lihat isi kepala, sama satu lagi kecintaannya sama istrinya. Muhaimin itu punya istri asli Jakarta yang cantik dan salehah, seneng kami mah,” ujar Rahma mengungkapkan alasan dukungannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *