Luncurkan Meja Layanan dan Pendaftaran, Bawaslu Ajak Warga Aktif Pantau Pemilu 2024

JAKARTA, RAMBUKOTA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jakarta Barat mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam perhelatan Pemilu 2024 mendatang. Lembaga tersebut mulai membuka pendaftaran personalia dan lembaga pemantau pemilu sekaligus meluncurkan program meja layanan di kantor Bawaslu Jakbar.

Ahmad Zubadillah MM, Anggota Bawaslu Jakarta Barat mengatakan, keberadaan Meja Layanan Pemantau Pemilu 2024 merupakan komitmen lembaganya dalam melayani masyarakat secara bersama menegakan demokrasi, mengawasi perhelatan pemilu 2024. Pelayanan tersebut akan menjadi upaya agar hajatan politik ini bisa berjalan secara lancar, damai, dan transparan sesuai dengan amanah undang-undang.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Bawaslu Jakarta Barat juga mengajak warga sekitar mendaftarkan diri untuk bersama-sama mengawasi semua tahapan pemilu. “Selama persyaratan terpenuhi, Bawaslu akan memberikan akreditasi bagi para pematau untuk membantu mengawasi pemilu 2024,” ujar Zubadillah, Sabtu (11/6/2022).

Sebelumnya, Bawaslu RI secara resmi membuka pendaftaran Pemantau Pemilu 2024 yang ditandai dengan peluncuran Meja Layanan Pemantau Pemilu 2024 pada Jumat (10/6/2022). Kegiatan tersebut turut diikuti oleh seluruh Bawaslu tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Recananya, meja pelayanan akan menjadi sarana para pemantau dalam melaksanakan tugas sekaligus mempermudah komunikasinya dengan Bawaslu. Akses keterlibatan masyarakat diharapkan lebih luas dalam memantau proses tahapan Pemilu 2024, sehingga jalannya pemilu serentak bisa berjalan dengan lancar, damai, dan transparan.

Menurut Zubadillah, program ini juga dapat memfasilitasi individu yang terpanggil untuk memantau pemilu sekaligus untuk bergabung dengan lembaga pemantau yang berbadan hukum. Selain itu, pihaknya berharap dapat mewadahi kader pengawas lebih partisipatif dalam mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilannya dalam pemantauan pemilu.

Ia menambahkan, masyarakat yang tertarik untuk mendaftarkan diri dan perpartisipasi secara aktif dalam Pemilu 2024 dapat menghubungi Meja Layanan di Kantor Bawaslu Jalan Raya Kebon Jeruk Nomor 64 Jakarta Barat. “Kami ingin mengajak masyarakat luas untuk berpartisipasiaktif dalam pemilu serentak tahun 2024 yang tahapannya akan segera dimulai,” kata

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.