Kasi Perpus Jakbar : Tingkatkan Literasi Warga, Perlu Konsistensi Pelayanan

JAKARTA. RAMBUKOTA – Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Barat mendukung upaya Kelurahan Meruya Utara Kecamatan Kembangan untuk mendorong peningkatan literasi warganya. Nah, salah satu usaha tersebut antara lain, dengan mendekatkan fasilitas pembelajaran dan perpustakaan di sekitar pemukiman warga.

Selain mudah diakses masyarakat, pengelola ruang baca dan perpustakaan juga harus mampu menjaga konsistensinya sehingga program peningkatan literasi bisa berjalan berkelanjutan dan tidak hanya menggema ketika momentum tertentu. Hal ini diungkapkan Siti Sarah, Kasi Perpustakaan Sudin Pusip Jakarta Barat dalam kunjungannya ke Perpustakaan Rumah Belajar Tiga Siku, Kp Sanggrahan Tiga Suku Meruya Utara, Senin (13/6/2022).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, pengelola lembaga harus mampu menjaga konsistensi pelayanan, misalnya dengan menggelar kegiatan rutin dan menyiapkan petugas untuk melayani pengunjung perpustakaan. “Pelayanan perpustakaan harus terus berjalan, jangan hanya ada di saat kegiatan tertentu, misalnya perlu pengelola yang betul-betul menjaga,” ujar Sarah.

Kelurahan Meruya Utara tengah menggalakan program peningkatan literasi dan membaca masyarakat. Upaya yang sedang dilakukan di antaranya, berkolaborasi dengan Rumah Belajar Tiga Siku dengan mendorong revitalisasi ruang perpustakaan di lembaga tersebut.

Di saat bersamaan, Tim Penggerak PKK Jakarta Barat juga berencana menjadikan Perpustakaan Rumah Belajar Tiga Siku sebagai pilot project Gerakan Gemar Membaca yang merupakan bagian dari Program Unggulan Gelari Pelangi. Program ini rencananya akan berlangsung hingga Oktober 2022 mendatang.

Agustiawan, Kasie Kesra Meruya Utara mengatakan, untuk menyukseskan program gemar membaca maupun upaya peningkatan literasi masyarakat, pihaknya akan terus menjalin komunikasi baik dengan TP PKK Jakarta Barat, Sudin Perpustakaan, serta pengelola Rumah Belajar Tiga Siku. Menurut dia, dalam waktu dekat pihaknya akan mengecek kelengkapan koleksi buku-buku bacaan khususnya untuk pembelajaran anak-anak usia sekolah.

Selain itu, Rumah Belajar Tiga Siku yang juga menjadi lokasi penempatan fasilitas JakWifi akan dapat mendorong warga sekitar untuk juga meningkatkan literasi digitalnya serta dapat bijak dalam penggunaan internet. “Kami berharap kegiatan ini dapat mendorong kegiatan yang positif, ada perpustakaan yang mempunyai banyak koleksi buku serta fasilitas internet. Ke depan, kami juga akan mendorong untuk kegiatan kampung hijau di sekitar perpustakaan,” kata Agustiawan.

Sebelumnya, Semi Lestari, Ketua Pokja II TP PKK Jakarta Barat mengatakan, saat ini pihaknya tengah memantapkan pilihan lokasi yang bakal dijadikan sebagai pilot project program Gemar Membaca. “Program ini merupakan upaya PKK untuk meningkatkan minat baca pada anak-anak lewat kegiatan positif yang mendekatkan mereka pada buku,” ujar dia di sela-sela kunjungan tersebut, Jumat (3/6/2022).

Perpustakaan dan Taman Bacaan Masyarakat merupakan program prioritas Pokja II TP PKK Jakarta Barat. Lewat program yang menyasar anak-anak usia di bawah 18 tahun ini, TP PKK berharap dapat menumbuhkan lingkungan keluarga yang cerdas, kreatif, terampil, sejahtera dan mandiri melalui bahan bacaan yang mendidik.

Menurut Semi, Rumah Belajar Tiga Siku cukup ideal untuk menjadi tempat pelaksanaan program Gemar Membaca lantaran telah memiliki fasilitas ruang perpustakaan. Selain itu, di lokasi ini juga telah memiliki akses jaringan internet JakWiFi, serta jangkauannya yang cukup dekat dengan masyarakat.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.