Ini Syarat-Syarat Daftar Abang None Jakarta 2022

Ilustrasi Abang None Jakarta (Foto : Pemprov DKI Jakarta)

JAKARTA. RAMBUKOTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai membuka pendaftaran Abang None (Abnon) Jakarta 2022. Para muda-mudi di kawasan (masih) Ibu Kota Indonesia ini dapat mendaftarkan diri secara online pada laman Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) hingga 23 Juni mendatang.

Hari Wibowo, Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Dinas Parekraf DKI Jakarta mengatakan, sedikitnya ada enam syarat yang mesti dipenuhi calon Abang None 2022. Pertama, peserta harus mengisi atau mendaftarkan secara online di situs resmi Dinas Parekraf.

Bacaan Lainnya

Di sana, calon peserta akan diminta untuk melengkapi data diri, orang tua, serta menyoal bakat dan keterampilan yang dimiliki. Selain itu para kaum muda-mudi juga harus mengisi pengalaman atau prestasi non akademis dan riwayat organisasi sekaligus melampirkan foto dan biodata diri.

Menurut Hari, calon peserta harus aktif memantau perkembangan informasi seleksi. “Kabar terbaru seputar Abang None Jakarta 2022 akan kami informasikan melalui Instagram Disparekraf DKI Jakarta dan Abang None Jakarta,” ujar Hari, Senin (23/5/2022).

Syarat kedua yang perlu dimiliki yaitu, calon peserta Abang None mesti memiliki minat terhadap pariwisata dan ekonomi kreatif di DKI Jakarta. Ketiga, berusia minimal 18 tahun hingga 25 tahun.

Selanjutnya, pemuda dan pemudi di Jakarta ini juga harus bersedia mengikuti program pengembangan diri selama waktu yang telah ditentukan. Adapun syarat kelima dan keenam masing-masing yaitu, dapat berkomunikasi dalam bahasa asing dan bersedia berkontribusi bagi Provinsi DKI Jakarta.

Hari menambahkan, selain seleksi administrasi para peserta Abnon juga diwajibkan mengikuti seleksi kemampuan dan pemahaman tentang beberapa aspek. Antara lain, kebudayaan Betawi, pemerintahan dan pariwisata ekonomi kreatif.

“Etika penampilan, marketing, kemampuan berbahasa asing, public speaking serta psikologi juga akan menjadi penilaian pada seleksi,” jelasnya.

Rencananya, seleksi Abnon Jakarta akan dilaksanakan serentak di setiap wilayah pada 25 dan 26 Juni 2022. Malam Final Abnon Jakarta 2022 di setiap wilayah akan dilaksanakan pada minggu terakhir bulan Juli.

Sedangkan untuk seleksi tingkat provinsi, rencananya akan dilangsungkan pada awal September 2022 mendatang. Hari menambahkan, Abnon Jakarta ke-50 ini diselenggarakan bersamaan dengan masa libur perkuliahan.

Harapannya, ajaang tahunan tersebut diharapkan bisa menarik partisipasi lebih banyak pemuda-pemudi di Jakarta. “Pemilihan tahun ini juga akan lebih dinamis saat pemberian pembekalan peserta,” ucapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.