Mencoba Gurihnya Es Selendang Mayang Buatan Juara Betawi

JAKARTA, RAMBUKOTA – Dari namanya mungkin Anda menyangka selandang mayang merupakan salah satu jenis pakaian khusus untuk kaum wanita  Tapi sejatinya, es selendang mayang merupakan kuliner khas Betawi yang cukup digandrungi, apalagi saat siang hari. Seger dan gurih.

Minuman dingin khas Jakarta ini merupakan hasil paduan kue kenyal warna merah dan hijau serta campuran air gula dan santan. Tak akan sulit mencari es selendang mayang karena masih cukup banyak pedagang yang menjualnya di pasar atau di pinggir jalan.

Bacaan Lainnya

Bagi Anda yang berminat untuk mencicipi alias mencobanya, es selendang mayang pun mudah ditemukan di layanan belanja online sehingga tak perlu keluar rumah. Salah satunya, buatan dari Juara Betawi yang lokasinya di Sukabumi Utara, Jakarta Barat.

H Abdul Hamid, pemilik warung Juara Betawi mengatakan, dirinya sudah mencoba peruntungan di bisnis kuliner ini sejak tiga tahun silam. Dari semua jenis makanan dan minuman yang ditawarkan, es selendang mayang menu merupakan andalannya.

“Kami menjual satuan di warung maupun lewat online shop. Banyak juga yang memesan untuk keperluan acara atau hajatan,” kata Abdul Hamid.

Berkah Ramadan

Bulan puasa Ramadan lalu tampaknya memberikan keberkahan tersendiri bagi Juara Betawi. Misalnya saja, untuk menu es selendang mayang yang pesanannya bisa meningkat tiga kali lipat dari pada hari-hari biasa.

Di bulan puasa, minuman ini cocok sekali untuk dijadikan pilihan sebagai menu takjil alias santapan berbuka. “Setiap hari rata-rata sekitar 70 porsi pesenannya. Tapi, untuk bulan puasa Ramadan bisa habis hingga 200 pesenan,” ujarnya, Sabtu (2/4/2022) silam.

Setiap per porsi selendang mayang dibanderol dengan harga Rp 5.000. Selain itu, Juara Betawi juga menerima pesanan untuk kebutuhan acara semisal hajatan pernikahan. Harganya mencapai Rp 200.000 per tampah ukuran besar.

Selain memasarkan minuman khas Betawi, warung H Abdul Hamid juga menjajakan menu makanan yang juga mengundang selera. Antara lain, aneka soto, ayam serundeng, lele serundeng, serta pecak nila dan pecak lele.

Menurut dia, dari sekian banyak menu yang ada, makanan favorit pelanggan yakni Soto Betawi Daging Juara yang seporsinya dibanderol Rp 25.000. “Soto daging dan es selendang mayang merupakan yang paling banyak diminati. Tapi, untuk bisa tetap eksis dalam berusaha kuliner Betawi, kami juga lakukan inovasi dengan menu-menu baru,” ujar Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Betawi (Apebe) ini.

BACA JUGA : 

Selain pembelian di tempat, Juara Betawi juga menerima pesanan online. Tentu, dengan harga yang sedikit lebih tinggi mengingat adanya ongkos kirim serta bagi keuntungan untuk pihak provider.

Pantauan RambuKota ketika berkunjung ke warung Juara Betawi, terlihat pengendara ojek online yang silih berganti mengambil pesanan untuk diantarkan ke masing-masing pelanggan. Dalam kesempatan tersebut, RambuKota memesan menu Lele Serundeng Juara, Pecak Lele, dan Es Selendang Mayang.

Nah, bagi Anda yang hendak memesan masakan khas Betawi di warung Juara Betawi dapat menghubungi di nomor 083890654375 atau 083879293243.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.