Innalillahi, Ahmad Fadli Penulis Buku Jaringan Ulama Betawi Abad 19 dan 20 Tutup Usia

JAKARTA, RAMBUKOTA – Kalangan akademisi dan sejarah di tanah Betawi tengah berduka. Ahmad Fadli HS, tokoh muda Islam yang merupakan penulis buku berjudul Ulama Betawi – Studi tentang Jaringan Ulama Betawi dan Kontribusinya terhadap Perkembangan Islam Abad 19 dan 20 tutup usia pada Selasa (29/3/2022) siang.

Berdasarkan catatan blog pribadinya, diketahui almarhum merupakan buah hati dari pasangan KH Abdul Hannan Sa’id dan Hj Siti Umayyah. Ia lahir di Sawah Besar Jakarta Pusat, pada 11 April 1978 silam.

Bacaan Lainnya

Ayah almarhum, KH Hannan merupakan seorang ulama tajwid asal Serang Banten yang banyak berguru sekaligus memiliki murid di tanah Betawi. Sedangkan sang ibunda merupakan perempuan Betawi asal daerah Kampung Baru Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Dalam jenjang pendidikan formal, almarhum Ahmad Fadli lulus sekolah dasar di SDN Karang Anyar 03 Jakarta Pusat. Di saat bersamaan, ia juga menempuh pendidikan agama di Madrasah Ibtidaiyyah Manhalun Nasyi-ien Dwiwarna Jakarta Pusat.

Selanjutnya, ia melanjutkan pendidikan sekolah menengah di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri Jawa Timur hingga lulus pada 1999 silam. Sementara, pendidikan sarjana dan pascasarjana dilalui di Fakultas Tarbiyah STAI Az-Ziyadah Jakarta Timur dan Program Studi Kajian Timur Tengah dan Islam (KTTI) Universitas Indonesia.

Tulisannya dalam buku Ulama Betawi merupakan hasil penelitian dan disertasi terkait jaringan ulama Betawi yang umumnya bersambung sanad keilmuannya dengan para ulama asal Timur Tengah. Di buku tersebut dimuat profil ulama Betawi antara lain, Syaikh Mujtaba bin Ahmad Al-Batawi, KH Abdul Mughni atau Guru Mughni, KH Abdul Majid atau Guru Majid, KH Najihun, KH Mahmud Romli, serta KH Syafi’i Hadzami.

Selain aktif di bidang pendidikan, almarhum Ahmad Fadli juga padat aktif dalam kegiatan organisasi. Ia sempat menjabat sebagai Ketua Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Jakarta Pusat periode 2015-2019.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.