Jadi 10 Besar Stadion Termegah Dunia, JIS Bakal Rampung Awal April

Stadion JIS Dokumen Jakpro

JAKARTA. RAMBUKOTA – Warga DKI Jakarta bakal segera memiliki salah satu stadion termegah di dunia. Sebab, pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) diproyeksikan akan rampung pada awal April 2022 mendatang.

Nadia Diposanjoyo, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengatakan, sekarang ini tahapan pembangunan tinggal meliputi penyelesaian atap buka tutup, lanskap serta perapian lokasi di stadion. Sedangkan secara keseluruhan progres pembangunan stadion berskala internasional tersebut telah mencapai 98,26%.

Bacaan Lainnya

“Secara teknis, belum ada kendala yang berarti. Masih sesuai rencana awal, baik dari waktu maupun biaya pembangunan,” kata Nadia Diposanjoyo dalam keterangan pers, Selasa (15/3/2022).

Kompleks JIS memiliki luas areal mencapai 22,1 hektare dan berlokasi di Jalan RE Martadinata, Kelurahan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pelaksanaan pembangunan proyek ini ditugaskan kepada Jakpro selaku BUMD dengan investasi mencapai Rp 4,5 triliun.

Stadion dibangun selama tiga tahun, yakni mulai tahun 2019. Sedangkan sumber anggarannya berasal dari penyertaan modal daerah (PMD) Pemprov DKI Jakarta dan investor melalui skema public private partnership.

Pada tahun 2019, pemprov mengucurkan PMD senilai Rp 900 miliar. Selanjutnya, alokasinya dinaikkan pada dua tahun berikutnya menjadi sebesar Rp 1,18 triliun dan Rp 2,46 triliun.

Nadia menambahkan, untuk pelaksanaan soft launching JIS pihaknya masih berkoordinasi dengan Pemerinta Provinsi DKI Jakarta terkait kondisi pandemi Covid-19. Di mana, pihaknya berencana menggelar acara tersebut dengan diramaikan Youth Championship (IYC). “Kami akan berkoordinasi dulu,” katanya.

Nantinya setelah rampung, JIS akan menjadi salah satu salah satu stadion terbesar di Indonesia. Bahkan, berdasarkan laporan media asal Inggris Daily Mail pada 20 Februari 2021 lalu, JIS masuk dalam 10 stadion termegah di dunia.

JIS masuk dalam daftar ke-10 setelah Miami Freedom Park, Lusail Iconic, Bramley-Moore Dock, Camp Nou, Santiago Bernabeu, New Feyenoord, Della Roma, New San Siro dan Grand Stade de Casablanca. Tak hanya itu, JIS juga merupakan satu-satunya bangunan stadion yang telah memperoleh sertifikasi green building atau sertifikasi level platinum pada Design Recognitio

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.