AAI Akan Kirimkan Poster Karya Arsiparis di Ajang Internasional

JAKARTA, RAMBUKOTA – Indonesia siap berpartisipasi dalam ajang kontestasi poster arsiparis internasional atau International Council on Archives (ICA) di Barcelona, Spanyol pada 2025 mendatang. Saat ini, Pengurus Nasional Asosiasi Arsiparis Indonesia (PN-AAI) tengah memulai program AAI Awards 2024 yang juga akan menjadi proses seleksi dalam pemilihan peserta kompetisi poster infografis internasional.

“Mari bersama kita dukung kontestasi AAI Awards 2024 sebagai ajang pembelajaran, untuk kinerja, dan pencapaian prestasi terbaik bagi Indonesia,” kata Andi Kasman, Ketua Umum PN-AAI ketika membuka pertemuan teknis atau technical meeting peserta lomba secara daring di Kantor Kementerian Perindustrian, Sabtu (27/4/2024).

Bacaan Lainnya

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Setia Utama selaku Wakil PN-AAI sekaligus Ketua Panitia AAI Awards 2024 serta di hadiri oleh sejumlah pengurus wilayah (PW) AAI di seluruh Indonesia. Selain itu, kalangan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi program studi kearsipan dan rekam medis juga ikut hadir untuk memahami teknis perlombaan.

Andi menambahkan, program ini merupakan ajang kontestasi kompetensi arsiparis Indonesia melalui lomba poster infografis tematik. Kegiatan ini dapat diikuti oleh para arsiparis dan mahasiswa kearsipan termasuk rekam medis.

Harapannya, lomba ini dapat menumbuhkan semangat arsiparis untuk menghasilkan karya yang berkualitas. “Kegiatan AAI Awards 2024 ini sebagai wujud apresiasi dan sekaligus stimulan bagi para arsiparis guna menunjukkan talenta terbaiknya dalam olah cipta, rasa, karsa dan karya sebagai wujud pengabdian kepada bangsa dan negara,” imbuh dia.

Terdapat tiga pilihan tema lomba poster infografis kategori arsiparis, yakni pengembangan profesi arsiparis, manajamen arsip digital, dan manajemen risiko arsip. Sedangkan untuk kalangan mahasiswa disediakan dua tema pilihan, yang meliputi serba-serbi pendidikan vokasi kearsipan dan perspektif milenial terhadap arsip.

“Bagi juara lomba poster infografis diberi peluang untuk mengikuti ajang internasional di Barcelona,” jelas Andi.

Setia Utama menuturkan, indikator penilaian lomba poster akan mencakup sejumlah sisi. Yakni, mulai orisinalitas, kesesuaian tema dan konten, visualisasi desain grafis serta manfaat dan kekuatan pesan yang disampaikan.

Selain lomba poster infografis, AAI Awards 5024 juga menggelar lomba kinerja program kerja terbaik organisasi bagi PW-AAI maupun forum yang berada dinaungan kementerian/lembaga. Kategori penilaiannya akan mencakup kolaborasi, inovasi, keberlanjutan dan kepedulian sosial organisasi bagi pemangku kepentingannya.

“Hal ini berdasarkan laporan tahun 2023 dan laporan Januari-Apri 2024 yang akan dianalisis, verifikasi dan validasi. Dewan Juri AAI Awards 2024 terdiri dari para ahli dan praktisi sesuai bidangnya,” ujar Setia.

Karya poster inforgrafis serta laporan kinerja akan ditunggu penyerahannya hingga 29 Juni mendatang. Rencananya, pengumuman pemenang akan disampaikan pada 27 Juli 2024 depan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *