Iin Mutmainah : Ayo Tingkatkan ZIS untuk Bantu Fakir Miskin di Sekitar

Plt Wakil Wali Kota Jakarta Barat Iin Mutmainah sedang memberikan sambutan dalam peresmian Program Bedah Rumah (Foto : Rambukota/Yazid)

JAKARTA. RAMBUKOTA – Plt Wakil Wali Kota Jakarta Barat Iin Mutmainah meresmikan Program Bedah Rumah di RT 4/11 Meruya Utara Jakarta Barat, pada Jumat (2/9/2022). Program bantuan berupa perbaikan rumah menjadi layak huni tersebut diinisiasi oleh Baznas Bazis DKI Jakarta dan diberikan kepada keluarga Bapak Namin dan Ibu Lela.

Dalam sambutannya, Iin mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Baznas Bazis dan pihak-pihak terkait yang turut membantu suksesnya program bedah rumah. “Kegiatan ini juga menjadi rangkaian dari Jumat Berfaedah, dan bedah rumah ini ya kolaboratornya Baznas Bazis, dan diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat,” kata dia.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, bantuan bedah rumah untuk warga kurang mampu cukup membantu upaya pemerintah dalam penyediaan rumah layak bagi warga sekaligus untuk pengentasan kemiskinan. Sehingga, kolaborasi Baznas Bazis, pemerintah daerah, dan DPRD harus terus terjalin untuk membantu kebutuhan pokok warga dalam bentuk tempat tinggal yang nyaman dan aman.

Iin menyadari, ketersediaan APBD untuk menyalurkan bantuan kepada warga miskin dalam hal penyediaan rumah layak masih cukup mini. Sehingga, perlu bantuan warga lewat zakat, infak, dan sedekah (ZIS) yang selama ini dititipkan dan dikelola oleh Baznas Bazis.

“Mari kita tingkatkan zakat, infak, dan sedekah yang nantinya untuk membantu masyarakat di sekitar kita. Sedekah disalurkan akan membawa kebaikan baki kita semua. Untuk membantu sesama kita dapat melakukan dengan swadaya yang manfaatnya tentu akan kembali ke kita semua, karena kami sadar APBD memang belum bisa untuk memenuhi kebutuhan para warga semua,” jelas Iin.

BACA JUGA : 

Selain bedah rumah, program lain yang masuk Jumat Berfaedah ialah pemberian izin mendirikan bangunan (IMB) secara gratis bagi masjid dan musala. Wanita yang juga menjabat sebagai Sekretaris Kota Jakarta Barat tersebut bilang, selama ini masih banyak bangunan tempat ibadah umat Islam yang belum memenuhi kelangkapan administrasi, sehingga perlu didorong lewat bantuan pemerintah.

Ia menambahkan, saban Jumat pihaknya juga menggelar kegiatan penanaman pohon anggur di kawasan atau halaman tempat sarana ibadah seperti masjid, gereja, dan pura. “Kegiatan ini bertujuan agar kita gemar menanam buah dan sayuran di rumah sendiri, sehingga kebutuhan buah dan sayuran bisa terpenuhi dari hasil yang di tanaman,” imbuh Iin.

Turut hadir dalam acara peresmian bedah rumah tersebut antara lain, anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Ima Mahdiah, Camat Kembangan Jakarta Barat Joko Suparno, serta Lurah Meruya Utara Jufri.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.