FKKS Jaktim dan PSN Perisai Putih Gelar Invitasi Pencak Silat Nasional

Bapak pencak Silat Dunia Eddie Marzuki Nalapraya Menyerahkan Piala Bergilir ke Panitia Pelaksana (Foto : Agus Japra/Rambukota)

JAKARTA, RAMBUKOTA – Forum Komunikasi Komite Sekolah (FKKS) Wilayah II Jakarta Timur bersama Perguruan Silat Nasional (PSN) Perisai Putih menggelar invitasi pencak silat virtual terbuka 2022. Acara penilaian lomba tersebut digelar di SMPN 49 Kramat Jati, Jakarta.

Kejuaraan ini memperebutkan piala bergilir Bapak pencak Silat Dunia Eddie Marzuki Nalapraya. Beberapa kategori yang diperlombakan dalam acara ini antara lain, jurus tunggal baku, jurus beregu, perseorangan, serta kategori berpasangan.

Bacaan Lainnya

Eddie Nalapraya mengatakan, Kkjuaraan invitasi pencak silat virtual terbuka yang dilakukan FKKS ini cukup menarik perhatian masyarakat. Sebab, partisipasi peserta tuidak hanya dari Jakarta namun juga terdaftar dari Kalimantan dan Sulawesi.

“Sebenarnya ini tingkatannnya sudah nasional. Oleh karena itu, ke depan bikin kejuaraan nasional secara resmi,” kata mantan Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia usai menyerahkan piala secara simbolis kepada panitia, Sabtu (19/3/2022).

Eddie berharap, ke depan para pengurus perguruan silat di Indonesia djuga apat secara rutin menggelar festival dan kejuaran serupa. Hal itu bertujuan sebagai upaya pelestarian budaya sekaligus lebih mengenalkan tradisi pencak silat kepada generasi penurus.

Sebagai informasi, UNESCO telah menetapkan pencak silat sebagai Warisan Budaya Takbenda pada Sidang ke-14 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Bogota, Kolombia, tanggal 12 Desember 2019.

Menurut Eddie, keputusan ini harus disyukuri dengan memperbanyak kegiatan secara nasional. “Harapannya, tradisi pencak silat harus tetap secara bersama diadakan festival dan kejuaraan. Karena kalau tidak ada kegiatan bisa saja kita oleh UNESCO di cabut lagi,” ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakara ini.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.