Prabowo-Gibran Resmi Pimpin Indonesia Lima Tahun ke depan

Foto : Tangkapan Layar Setpres RI

JAKARTA, RAMBUKOTA – Presiden RI Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi orang nomor satu dan nomor dua di Indonesia. Pada Minggu (20/10/2024), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI telah menggelar sidang paripurna dengan agenda tunggal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) periode 2024-2029.

“Dengan penuh rasa syukur, kita telah menyaksikan pengucapan sumpah. Kami berharap, Prabowo dan Gibran membawa visi besar serta kebijakan pro-rakyat, dan bersama-sama membangun demi kemajuan bangsa,” ujar Ketua MPR RI, Ahmad Muzani, selalu pimpinan sidang.

Bacaan Lainnya

Prabowo-Gibran yang merupakan pemenang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 mengucapkan sumpah jabatan di hadapan anggota MPR dan tamu undangan. Sidang paripurna tersebut dihadiri oleh 709 dari 731 anggota MPR.

Sejumlah para kepala pemerintahan dan wakil dari berbagai negara sahabat di antaranya Perdana Menteri Republik Korea, Han Duck-soo; Perdana Menteri Kerajaan Kamboja, Hun Manet; Winston Peters, Wakil Perdana Menteri Selandia Baru; Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Jeremiah Manele; serta Presiden Republik Filipina, Ferdinand Romualdez Marcos Jr.

Foto : Tangkapan Layar Setpres RI

Dalam prosesi pelantikan tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Mochammad Afifuddin, membacakan keputusan KPU yang menetapkan hasil Pilpres 2024. Yakni, penetapan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

Setelah itu, presiden mengucapkan sumpahnya. Prabowo mengatakan, “Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban sebagai Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar, serta menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa.”

Setelah Presiden Prabowo, giliran Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah jabatan. Rencananya, pengumuman deretan para pembantu presiden alias menteri dan kepala lembaga akan diumumkan pada Minggu malam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *