Mimpi Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia

Indonesia akan menghadapi Filipina dalam laga pamungkas di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia (Foto: AFC)

JAKARTA, RAMBUKOTA – Tim nasional Indonesia masih menyimpan mimpi untuk tampil di Piala Dunia 2026. Kesempatan tersebut pun bakal terbuka dan berpeluang menjadi kenyataan sesuai hasil pertandingan pamungkas Grup F melawan Filipina di Stadion Gelola Bung Karno (GBK) Jakarta pada Selasa (11/6/2024) nanti malam.

Jika menang, anak asuhan pelatih Shin Tae-yong dipastikan akan masuk ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Dari 18 tempat yang diperebutkan, sebanyak 13 negara telah memastikan diri ambil bagian untuk melanjutkan kompetisi ini.

Bacaan Lainnya

Dengan demikian, lima tiket masih akan tersedia di pertandingan pamungkas. Termasuk satu tiket yang akan bakal diperebutkan oleh Indonesia dan Vietnam.

"Filipina meski (dipastikan) gagal lolos pasti akan berjuang keras melawan Indonesia. Demikian pula kami yang akan bekerja semaksimal mungkin agar bisa memberikan kemenangan kepada para fans sepak bola Indonesia,” kata Shin Tae-yong dalam jumpa pers, Senin (11/6/2024).

Persaingan Grup F

Pascakekalahan dari Irak di laga sebelumnya, timnas tidak ada pilihan lain kecuali berjuang habis-habisan. Saat ini, Indonesia hanya unggul satu dengan Vietnam.

Skuad Garuda menduduki peringkat kedua klasemen grup dengan raihan tujuh poin. Sedangkan Irak di puncak dengan 15 poin, Vietnam tempat ketiga dengan enam angka, dan Filipina di posisi buncit dengan satu angka.

Menurut Shin Tae-yong, komposisi pemain yang bakal turun tidak bakal jauh berbeda sebagaimana ketika melawan Irak. Kendati bermain bagus saat itu, Indonesia harus mengakui keunggulan tim lawan dengan skor dua gol tanpa balas.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Timnas Indonesia (@timnas.indonesia)

"Sebenarnya, di laga melawan Irak pun, komposisi permainan kita tidak kalah jauh dibanding Irak. Saya tidak khawatir jelang pertandingan besok, karena kita pasti bisa mendapat tiket ronde ketiga,” jelas pelatih asal Korea Selatan ini.

Sementara, salah seorang pemain timnas Ragnar Oratmangoen mengatakan, dirinya optimistis bakal unggul mewalan Filipina dan melaju ke babak ketiga. Di pertandingan sebelumnya, timnas sudah bisa menciptakan banyak peluang, tapi sayangnya belum ada yang berbuah gol. "Namun, saya harapkan besok bisa mencetak gol di pertandingan dan menjadi pemain penting buat tim,” katanya.

Jatah tiket Asia

Sejatinya, negara-negara Asia akan mendapatkan delapan atau sembilan tiket untuk tampil di Piala Dunia. Enam tiket akan diperebutkan di babak ketiga ini.

Rencananya, babak ketiga akan dilaksanakan pada 2 September 2024 hingga 10 Juni 2025 mendatang. Peserta yang terdiri dari 18 negara tersebut akan dibagi dalam tiga grup yang masing-masingnya terdiri dari enam negara.

Kemudian, dua negara terbaik dari hasil penyisihan babak ketiga tersebut akan otomatis mendapatkan tiket ke Piala Dunia 2026. Alhasil, enam negara telah dipastikan mengikuti ajang sepak bola dunia yang akan dimainkan di Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko.

Selain itu, negara-negara Asia tersebut masih punya peluang dengan dua tiket lain di babak keempat. Yakni, akan diperebutkan oleh negara-negara yang menempati posisi ketiga dan keempat di masing-masing grup di babak ketiga.

Babak keempat ini diikuti oleh enam tim yang dibagi dalam dua grup. Masing-masing juara grup berhak tampil di di Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko.

Sedangkan peringkat kedua terbaik akan berhak tampil untuk mengambil tikel kesembilan jatah tim Asia di Piala Dunia. Di mana, tim tersebut akan memperebutkan satu tiket tersisa di babak kelima atau babak play off.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *