DPR RI Tetapkan Para Penyelenggara Pemilu 2024

JAKARTA, RAMBU KOTA – DPR RI menyetujui tujuh orang anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terpililih periode 2022-2027. Penetapan para anggota otoritas penyelanggara pemilu tingkat pusat tersebut digelar dalam rapat paripurna DPR RI pada Jumat (18/2/2022) pekan lalu.

Adapun tujuh nama yang akan menjabat sebagai Komisioner KPU masa jabatan 2022-2027 ialah Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz.

Bacaan Lainnya

Sedangkan lima anggota Bawaslu terpilih yaitu Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malond

Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Ketua Komisi II DPR RI dalam laporannya mengatakan, pihaknya telah melaksanakan seluruh tahapan seleksi secara terbuka dan transparan. Yakni, mulai dari meminta masukan dari masyarakat terhadap 14 nama calon anggota KPU maupun 10 nama calon anggota Bawaslu yang akan dilanjutkan dengan tahapan uji kelayakan dan kepatutan.

“Uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 dilaksanakan dalam rapat pleno khusus Komisi II DPR RI selama 3 hari, yakni dari tanggal 14 sampai tanggal 16 Februari 2022. Seluruh tahapan pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU dan Bawaslu periode 2027 dilakukan dalam rapat yang bersifat terbuka untuk umum,” kata Ahmad Doli.

Ia menambahkan, setelah selesai uji kelayakan dan kepatutan terhadap 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu, selanjutnya dilaksanakan proses pemilihan terhadap calon-calon tersebut melalui rapat pleno Komisi II DPR RI. Berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat dari seluruh fraksi-fraksi tersebut, Komisi II DPR RI menetapkan 7 calon anggota KPU terpilih.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.