Dongkrak Transaksi, Titipku Integrasikan Pasokan Sayuran Hingga ke Pelanggan

Ilustrasi pedagang pasar (Foto : Dok Titipku)

JAKARTA, RAMBUKOTA – PT Terang Bagi Bangsa, penyedia aplikasi digital Titipku, tampaknya cukup optimistis akan pertumbuhan transaksinya dalam menyambut tahun 2023. Perusahaan tersebut menargetkan 10.000 pedagang pasar akan menerapkan model business to business to customer (B2B2C) atau model bisnis yang mengintegrasikan mulai dari penyediaan pasokan hingga ke pelanggan.

Henri Suhardja, Chief Executive Manager Titipku mengatakan, pada tahun lalu Titipku sudah berhasil mendigitalisasi sekitar 10.000 pedagang dari 150 pasar di wilayah Jabodetabek. Nah, keberhasilan tersebut rencananya akan dilanjutkan dengan mendorong skema kerja sama para pedangan dengan pemasok barang ataupun penyedia modal.

Bacaan Lainnya

“Pada 2023 ini, target utama Titipku adalah untuk men-support secara penuh 100 pasar di Jabodetabek melalui model bisnis B2B2C,” kata Henri, Rabu (18/1/2023).

Semula, sejak 2020 aplikasi Titipku dapat menjembatani hubungan antara pedangan pasar dengan konsumen. Perusahaan tersebut mengklaim adanya peningkatan omset hingga 250% lewat fasilitas digital lantaran memudahkan pelanggan untuk menerima barang tanpa harus pergi ke pasar.

Sejak pertengahan tahun 2022, Titipku mulai mengembangkan model B2B2C untuk menghubungkan pedagang dalam memperoleh pasokan produk ataupun terkait permodalan. Dengan begitu, aplikasi digital ini tidak hanya memenuhi kebutuhan rumah para pelanggan lewat sistem belanja dari rumah, tetapi juga memenuhi kebutuhan para pedagang.

Menurut Henri, dengan adanya dukungan model bisnis B2B2C ini, kualitas dagangan para pedagang bisa lebih baik, sehingga bisa berjualan lebih banyak tidak hanya ke konsumen tunggal semata. “Tapi, juga konsumen besar seperti hotel, restoran, dan kafe. Hasil akhirnya, pedagang mendapat income yang lebih tinggi,” jelasnya.

Pada tahun lalu, produk yang mendominasi transaksi digital di antaranya sembako yang meliputi telur, daging, dan sayuran. Henri bilang. produk yang ditawarkan di Titipku lainnya seperti jajanan pasar juga cukup laris karena menawarkan kepraktisan belanja di banyak toko di dalam satu area pasar dengan ongkos kirim sekali bayar.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *