Oktober, Pelabuhan Muara Angke Mulai Terapkan Karcis Online

Ilustrasi Pelabuhan Muara Angke ( Foto : Dishub DKI Jakarta)

JAKARTA. RAMBUKOTA – Pelabuhan Muara Angke tengah berbenah. Pelabuhan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal menerapkan pembelian karcis online untuk melayani pelayaran warga dari daratan ibu kota ke Kepulauan Seribu mulai Oktober 2022 depan.

Leo Amstrong Manalu, Kepala Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengatakan, saat ini pihaknya tengah fokus merevitalisasi konstruksi fisik pelabuhan. Yakni, dengan membangun gedung baru sekaligus menambah fasilitas pendukung mulai dari parkir hingga penyediaan lahan kantin. Ini

Bacaan Lainnya

“Tahapannya pembangunan fisiknya dulu baru perangkat lunaknya. Sekarang lagi proses pembuatan aplikasi online. Paling lambat Oktober diharapkan selesai,” kata Leo sebagaimana dikutip dari laman resmi Berita Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Menurut dia, revitalisasi dilakukan lantaran banyak bagian bangunan yang perlu perbaikan karena pengaruh usia. Selain itu, revitalisasi bertujuan menciptakan kenyamanan dan keamanan warga, khususnya penumpang yang hendak bepergian atau wisata ke Kepulauan Seribu.

Bangunan lama telah dirobohkan dan kemudian dibangun yang baru di lokasi yang sama dengan ketinggian permukaan tanah mencapai 2 meter sebagai upaya antisipasi genangan dan banjir rob. Saat ini, Pelabuhan Muara Angke memiliki kapasitas hingga 2.040 penumpang pasca direvitalisasi.

Leo bilang, para penumpang yang dibolehkan masuk area pelabuhan hanyalah pemegang tiket perjalanan. Dishub DKI Jakarta juga telah membangun pagar supaya di area pelabuhan lebih steril dari yang bukan calon penumpang.

Hal tersebut berbeda dengan kondisi sebelum direvitalisasi, di mana pelabuhan tidak steril karena semua orang bisa masuk. “Revitalisasi ini juga dapat membentuk karakter masyarakat. Karena sekarang mereka dibiasakan melihat fasilitas pelayanan pelabuhan yang tertib,” imbuh Leo.

Ia menambahkan, sekarang ini pembelian tiket di Pelabuhan Muara Angke sementara masih dilayani secara manual. Menurutnya, pihaknya tengah menyiapkan sistem digitalisasi pelabuhan sehingga pelayanan tiket dapat digelar secara online dan ditargetkan rampung Oktober 2022 mendatang.

Sekadar informasi, saat ini Pelabuhan Muara Angke melayani pelayaran ke sejumlah pulau di Kepulauan Seribu. Pemerintah berharap revitalisasi pelabuhan akan mampu meningkatkan pariwisata. Adapun tujuan pelayaran antara lain ke Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Payung, Pulau Pramuka, Pulau Sabira, Pulau Kelapa, serta Pulau Panggang.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *