Puan Kembali Jabat Ketua Dewan 

Dok DPR RI

JAKARTA, RAMBUKOTA – Sebanyak 580 Anggota DPR RI Periode 2024-2029 telah resmi dilantik. Mantan ketua DPR RI periode sebelumnya, Puan Maharani dari Fraksi PDI Perjuangan, terpilih kembali menjadi ketua dewan legislatif untuk periode lima tahun ke depan.

Di saat yang bersamaan, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Partai Gerindra, Adies Kadir dari Fraksi Partai Golkar, Cucun Ahmad Syamsurijal dari Fraksi PKB, dan Saan Mustopa dari Fraksi Partai NasDem juga terpilih sebagai Wakil Ketua DPR RI Periode 2024-2029. Di periode lalu, Sufmi juga menjabat sebagai pimpinan dewan.

Bacaan Lainnya

Kesemuanya terpilih dalam rapat paripurna pembukaan Masa Sidang I Tahun Sidang 2024–2025. Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua Sementara DPR RI, Guntur Sasono dari Fraksi Partai Demokrat, dan Wakil Ketua Sementara, Anisa Mahesa dari Fraksi Partai Gerindra.

“Kami berlima tentu saja pimpinan DPR RI periode 2024-2029 berkomitmen akan bisa menjaga lembaga DPR ini secara kolektif kolegial untuk bersama-sama membuat program kinerja legislasi, anggaran dan pengawasan untuk kepentingan bangsa dan negara,” tutur Puan Maharani usai rapat paripurna di Gedung Nusantara II Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Sultan Gantikan La Nyalla

Sementara, sejumlah  152 Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Masa Keanggotaan 2024-2029  juga telah resmi dilantik. Anggota tertua DPD RI Ismeth Abdullah dari Kepulauan Riau didapuk menjadi Pimpinan Sementara DPD RI bersama Larasati Moriska yang merupakan Anggota DPD RI termuda, berasal dari Kalimantan Utara.

Dalam sidang paripurna, Sultan Najamudin, senator asal Bengkulu terpilih sebagai Ketua DPD RI periode lima tahun mendatang. Ia menggantikan pimpinan periode sebelumnya, La Nyalla Mahmud Mattalitti dari Jawa Timur.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *