NexPage Hadirkan Aplikasi untuk Dorong Minat Baca di Indonesia

JAKARTA, RAMBUKOTA – NexPage, aplikasi seluler (app) ringkasan buku nonfiksi pertama di dunia, baru-baru ini merilis konten yang mendukung penggunaan Bahasa Indonesia. Harapannya, aplikasi dengan fitur bahasa tersebut dapat menumbuhkan minat baca bagi masyarakat di Tanah Air.

Zhi Rong, CEO and cofounder of NexPage mengatakan, masuknya perusahaan rintisan ini menunjukkan betapa pentingnya pasar digital Indonesia. Sebab, dari sekitar 270 juta penduduk terdapat lebih dari 204 juta pengguna internet di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Bahkan, berdasarkan penelitian, rata-rata waktu yang dihabiskan warga +62 untuk menggunakan media online hampir mencapai sembilan jam per hari. Tapi sayangnya, beberapa laporan UNESCO justru menunjukkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia masih rendah, yakni hanya sekadar 0,001%.

Sehingga, dengan kemudahan untuk mengakses buku dalam Bahasa Indonesia dinilai pasar yang menjanjikan bagi perusahaan. “Tujuan akhirnya adalah untuk memiliki beberapa opsi bahasa asli untuk dipilih pengguna sehingga mereka dapat membaca buku dari seluruh dunia dalam bahasa pilihan,” kata Zhi Rong dalam keterangan resminya, Rabu (28/12/2022).

Ia menambahkan, NexPage percaya bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan dan belajar tentang budaya lain tanpa dibatasi oleh hambatan bahasa ataupun distribusi. Sehingga, rangkuman buku yang dihadirkan dalam aplikasi NexPage diharapkan akan sesuai bagi kebutuhan warga sehingga mampu menyampaikan wawasan dalam hitungan menit, menghemat waktu, sekaligus biaya.

“Kami percaya bahwa dengan meluncurkan konten dalam Bahasa Indonesia, kami dapat menjangkau lebih banyak orang Indonesia yang mungkin lebih suka membaca dalam bahasa ibu mereka,” imbuhnya.

Ia menambahnan, saat ini cukup banyak variasi yang dapat ditemukan di aplikasi dalam judul-judul asing. Nah, jika membeli buku-buku asing terjemahan tentu memerlukan biaya tinggi, dan hanya tersedia untuk kalangan tertentu, sehingga pesan dan manfaatnya kurang diterima secara luas.

Dengan hadirnya ringkasan buku dari NexPage ini, diharapkan ide-ide kunci dari buku yang aslinya ditulis dalam bahasa Indonesia bisa sampai pada pembaca. Adapun premi langganan NexPage di Indonesia saat ini dibanderol dengan harga Rp 35.000 untuk keanggotaan bulanan dan Rp 349.000 untuk keanggotaan tahunan.

“Dengan aplikasi seluler, konten, dan layanan NexPage, kami dapat berbuat baik bagi masyarakat dan meningkatkan kehidupan orang-orang di seluruh dunia.,” ujarnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *