Indonesia Siapkan Bantuan Jutaan Dolar ke Empat Negara

Rapat lintas kementerian. Foto: BNPB

JAKARTA, RAMBUKOTA – Indonesia siap mengucurkan bantuan ke empat negara sahabat. Masing-masingnya yaitu, Palestina, Sudan, dan Yaman yang sedang mengalami kesulitan akibat krisis kemanusiaan.

Pemerintah juga menyalurkan bantuan untuk negara tetangga, Vietnam yang baru saja tertimpa bencana Topan Yagi. Rencananya, bantuan yang dikoordinir oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pekan depan.

Bacaan Lainnya

“Memberikan bantuan kemanusiaaan yang berasal dari Dana Siap Pakai BNPB kepada Yaman, Sudan dan Palestina, masing-masing senilai US$ 1 juta,” ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam keterangan resminya, Kamis (10/10/2024).

Menurut dia, untuk Vietnam rencananya akan diberikan berupa uang tunai untuk digunakan pasca Topan Yagi. Kebijakan pemberian bantuan ini telah dirapatkan bersama menteri dan badan terkait.

“Indonesia turut berbelasungkawa atas kejadian krisis kemanusiaan kepada negara sahabat yaiti Yaman, Sudan dan Palestina, dan kejadian bencana Topan Yagi di Vietnam” kata Muhadjir.

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan, bantuan asal Tanah Air ini juga bersumber dari pengumpulan donasi baik oleh masyarakat, maupun kementerian dan lembaga pemerintah lainnya. Rencananya, bantuan barang akan berupa sembako, makanan siap saji, serta kebutuhan lain sesuai kondisi negara setempat.

“Terdapat 15 jenis barang akan dikirimkan seperti paket sembako, makanan siap saji, sampai biskuit. Barang-barang tersebut sudah dikoordinasikan sesuai dengan kebutuhan,” jelas Suharyanto.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *