Pemprov DKI Gelar Penanaman Pohon Serentak di 1.000 Titik

Ilustrasi budidaya tanaman (Foto : Yazid/Rambukota.com)

JAKARTA. RAMBUKOTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar penanaman pohon secara serentak pada Jumat (28/10/2022). Kegiatan yang akan dipimpin langsung Pj Gubernur Heru Budi Hartono tersebut akan dilaksanakan di 1.000 titik penanaman yang tersebar di lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Mujiati, Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta mengatakan, penanaman tersebut ditargetkan akan diikuti sekitar 1.500 peserta yang terdiri dari TP PKK DKI Jakarta, pegiat urban farming, pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), kelompok masyarakat (Pokmas), pekarangan rumah susun (Rusun), dan kelompok tani (Poktan).

Bacaan Lainnya

Turut terlibat pula dalam kegiatan penghijauan alam ini yaitu, para personalia dari Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S), Poktan Pangan Lestari (P2L), Poktan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), serta sejumlah aparatur sipil negara (ASN). “Kami akan melaksanakan langsung dari Balkot Farm bersama Pj Gubernur Heru Budi Hartono dan Ketua TP PKK DKI Jakarta Mirdiyanti Budi Hartono, dengan menanam benih cabai dan sayuran memakai media hidroponik,” ujarnya sebagaimana dikutip dari keterangan resminya, Kamis (27/10/2022).

Selain menanam serentak, Pemprov DKI Jakarta juga menggelar penyerahan bantuan berupa rak hidroponik dan sarana produksi pertanian kepada 50 kelompok masyarakat (Pokmas). Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Mirdiyanti Budi Hartono di Ruang Pola Balai Kota.

Mujiati berharap kegiatan ini dapat membangkitkan dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. “Diharapkan melalui kegiatan ini, masyarakat dapat lebih paham dan antusias dalam mengembangkan pertanian perkotaan. Minimal menanam tanaman berumur pendek,” imbuh dia.

Pos terkait