Adakah yang Tahu, Apa Saja Sih yang Dilakukan Rasulullah di Rumah?

JAKARTA, RAMBU KOTA – Nabi Muhammad Shollallahu Alaihi Wasallam (SAW) merupakan contoh terbaik bagi umat manusia dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Termasuk dalam melaksanakan keseharian rumah tangga.

Nah, sebagai seorang laki-laki sekaligus suami, apa saja sih hal-hal baik yang Rasulullah SAW lakukan di rumahnya? Perbuatan-perbuatan yang beliau SAW lakukan bisa menjadi contoh bagi seseorang dalam menjalankan kehidupan rumah tangganya, semoga akhirnya bisa bernilai sunnah alias ganjaran sebagai ibadah.

Bacaan Lainnya

Imam Bukhori Rahimahullah, di dalam Kitab Adabul Mufrod, sedikitnya meriwayatkan empat buah hadist terkait pekerjaan laki-laki di dalam rumahnya. Keempat hadist dengan urutan 538 hingga 541 tersebut berasal dari Sayyidatuna Aisyah Rodiyallahu Anha, salah seorang isteri Nabi Muhammad SAW.

Hadist-hadist tersebut menerangkan perbuatan-perbuatan yang kerap Rasulullah SAW lakukan di rumahnya. Meskipun Beliau SAW seorang pemimpin tertinggi umat Islam, panutan, serta orang pilihan Allah Taala, beliau tetap membantu isterinya ketika menjalankan tugas rumah tangganya.

“Jadi, jangan gengsi bagi kita seorang suami untuk melakukan pekerjaan rumah tangga, membantu isteri. Nabi Muhammad SAW selalu membantu pekerjaan di rumah, meskipun di rumahnya banyak khodim (pembantu), salah satunya Iman Anas Bin Malik RA,” ujar Ustadz HA Hawasyi Isa Lc, dalam suatu pengajian di Majelis JIM Basmol, Ahad (20/2/2022) malam.

Adapun jenis-jenis pekerjaan yang sering Beliau SAW lakukan antara lain, membantu pekerjaaan keluarga (fi mihnati ahlihi), menjahit atau memperbaiki terompahnya (yakhshifu na’lahu), menambal baju (yarqo’u tsauba), memeras susu kambing (yahlibu syaatah), serta melakukan pekerjaan sebagaimana kepala rumah tangga lainnya (ya’malu ma ya’malur rijalu fi baitihi).

Ustadz Hawasyi menambahkan, pada hadist di dalam kitab Adabul Mufrod nomor 538 juga dijelaskan bahwa Rasulullah akan keluar rumah ketika datang waktu salat. Hal tersebut menandakan kaum laki-laki sangat utama untuk mengerjakan salat fardu berjamaah di masjid ketimbang di rumah.

Pos terkait